Senin, 12 Mei 2014

Profil Kampus Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN)

STPN merupakan satu-satunya lembaga pendidikan tinggi kedinasan di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan di bidang pertanahan di bawah naungan Badan Pertanahan Nasional (BPN RI). STPN adalah integrasi dari Akademi Pertanahan Nasional (APN) 1989, sedangkan APN adalah akademi hasil perubahan dari Akademi Agraria Yogyakarta (AAY) 1963.

Status: Kedinasan
Jalan Tata Bhumi Nomor 5
Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta, 55293
Telp:(0274) 587239
Fax: (0274) 587138

Email: admin@stpn.ac.id
stpn.bpn@gmail.com

Website: http://www.stpn.ac.id/

Status Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional

STPN didirikan berdasarkan Keputusan Kepala Badan Pertanahan Nasional No. 6 Tahun 1989 tanggal 1 April 1989 Akademi Agraria sebagai Perguruan Tinggi Agraria yang sebelumnya berada dalam naungan Deparetemen Dalam Negeri ditetapkan sebagai Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Badan Pertanahan Nasional. Selanjutnya dilakukan perubahan nama menjadi Akademi Pertanahan Nasional (APN) dengan Program Pendidikan Diploma III Pertanahan.

Kemudian dengan Surat Dirjen Dikti/Depdikbud No. 5618/D/T/1992 dan SK Kepala BPN Nomor 17 Tahun 1992 penyelenggaraan Program Diploma III di APN diubah dan ditingkatkan menjadi Program Diploma IV Pertanahan. Maka APN menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Kedinasan di Indonesia yang menyelenggarakan Program Diploma IV Pertanahan. Tahun 1993 melalui Keputusan Presiden No. 25 Tahun 1993, APN ditingkatkan dan diintegrasikan ke dalam Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) dengan tetap melaksanakan Program Pendidikan Diploma IV Pertanahan, dengan dua jurusan yaitu Jurusan Manajemen Pertanahan dan Jurusan Perpetaan.

Prodi:
1. Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral.
2. Diploma IV Pertanahan
- Jurusan Manajemen Pertanahan
- Jurusan Perpetaan
3. Program Pendidikan Khusus PPAT.

Info pendaftaran STPN silahkan kunjungi website resmi STPN.
Pendaftaran biasanya dibuka menjelang bulan Juni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar