Minggu, 15 Juni 2014

Profil Politeknik Akamigas Palembang

Pendahuluan

Politeknik Akamigas Palembang adalah sebuah lembaga pendidikan yang mengkhususkan diri pada penyediaan tenaga profesional di bidang energi primer Minyak, Gas dan Batubara. Sumatera Selatan merupakan propinsi yang dicanangkan sebagai lumbung energi nasional dan Politeknik Akamigas Palembang menjawab tantangan atas kebutuhan para tenaga profesional dibidang energi tersebut.

Sejarah Singkat

Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki Sumber Daya Energi sangat melimpah, dan telah di eksplorasi dan di eksploitasi sejak sebelum kemerdekaan RI sampai sekarang baik secara konvensional maupun modern. Namun sampai saat ini, belum ada Perguruan Tinggi di Sumatera Selatan yang secara spesifik menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang eksplorasi, eksploitasi dan pengolahan migas dan batubara.

Sesuai dengan program Sumatera Selatan sebagai Lumbung Energi Nasional, Gubernur Sumatera Selatan Bapak Ir. Syahrial Oesman, MM mendukung pendirian Politeknik Akamigas Palembang melalui Yayasan Karya Bangsa.

Tindak lanjut dari dukungan Gubernur tersebut, pada tanggal 20 Agustus 2005 pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengirim surat dengan No. 2236/As.II/ 2005 kepada Menteri Pendidikan Nasional, perihal izin pendirian Politeknik Akamigas Palembang dengan 4 (empat) Program Studi yaitu :

Laboratorium Minyak dan Gas.
Pengolahan Minyak dan Gas.
Eksplorasi Minyak dan Gas.
Teknologi Pengolahan Batubara.



Izin pendirian Politeknik Akamigas Palembang diperoleh melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 224/D/O/2006 tanggal 28 September 2006 dan No. 4887/D/T/2006 tanggal 21 Desember 2006, tentang pendirian 4 (empat) program studi yaitu :

Laboratorium Minyak dan Gas.
Pengolahan Minyak dan Gas.
Eksplorasi Minyak dan Gas.
Teknologi Pengolahan Batubara.



Berdasarkan surat izin tersebut, Politeknik Akamigas Palembang mulai melaksanakan kegiatan penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2006/2007 dengan 2 program studi, yaitu :

Laboratorium Minyak dan Gas
Pengolahan Minyak dan Gas



Jumlah mahasiswa yang diterima adalah 19 orang pada Program Studi Laboratorium Migas dan 35 orang Program Studi Pengolahan Migas.

Peresmian pelantikan dan kuliah perdana mahasiswa baru angkatan pertama 2006/2007 dilakukan pada tanggal 13 Desember 2006 oleh Gubernur Sumatera Selatan, Ir. Syahrial Oesman, MM., General Manager PT. PERTAMINA (Persero) UP III Plaju, Bapak Ahmadi Hario dan Ketua Yayasan Karya Bangsa, Bapak Ir. H. Abdul Rozak, M.Sc.

Pada tahun akademik 2007/2008, Politeknik Akamigas Palembang telah dapat menyelenggarakan 4 (empat) program studi, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 114 mahasiswa/i.

Visi dan Misi Politeknik Akamigas Palembang

Visi:
Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi vokasional yang handal dan kompetitif di bidang energi untuk memenuhi kebutuhan industri.

Politeknik Akamigas Palembang berkomitmen atas visi sebagi penyelenggara pendidikan tinggi profesional terkemuka, berkualitas yang mampu bersaing dalam menghadapi tantangan global dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Minyak, Gas dan Batubara. Serta mampu menerapkannya pada lapangan kerja. Untuk mewujudkan Visi besar tersebut, Politeknik Akamigas Palembang berpegang teguh untuk:

Menghasilkan lulusan yang handal dan profesional di bidang Minyak, Gas dan Batubara yang berdisiplin, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak tinggi dan mampu menerapkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta mampu berkembang dalam era globalisasi seiring tuntunan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan yang memiliki integritas, daya saing serta kemandirian.
Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta hasil-hail penelitian terapan untuk digunakan dan dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat luas.
Mengembangkan lembaga pendidikan yang berorientasi pada kualitas, profesionalisme dan mampu menghadapi persaingan global.



Misi:

Membina peserta didik yang berkompeten, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berdisiplin dan memiliki integritas di bidang minyak, gas dan batubara.
Menyelenggarakan penelitian terapan di bidang energi yang dapat diaplikasikan untuk kepentingan dunia industri dan masyarakat.
Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang kontributif dan produktif.
Menjalin dan meningkatkan kerja sama dengan Pemerintah, industri dan pihak terkait dalam menunjang pelaksanaan tridharma perguruan tinggi



Program Studi:

Teknik Analisis Laboratorium Migas (TLM)
Teknik Pengolahan Migas (TPM)
Teknik Eksplorasi Produksi Migas (TEP)
Teknik Pertambangan Batubara (TPB)



Sumber Daya Manusia:

Direktur: H. Muchtar Luthfie, SH., MM.
Pembantu Direktur I: Amiliza Miarti, ST., M. Si.
Pembantu Direktur II: Sri Hartati, SE.
Pembantu Direktur III: K.M. Ade Isnaeni, ST.

Ketua Prodi Teknik Analisis Laboratorium Migas (TLM) : Ineke Febrina Anggraini, ST., M. Si.
Ketua Prodi Teknik Pengolahan Migas (TPM) : Sri Ardhiany, ST.
Ketua Prodi Teknik Eksplorasi Produksi Migas (TEP) : Azka Roby Antari, ST.
Ketua Prodi Teknik Pertambangan Batubara (TPB) : Roby Cahyadi, ST.

Dosen

Tenaga profesional Akademis dengan tingkat pendidikan S1 dan S2
Praktisi di bidang Perminyakan, Gas dan Batubara

Jumlah dosen Politeknik Akamigas Palembang berjumlah kurang lebih 64 orang, dengan kompisisi: Dosen tetap berjumlah 20 orang dan Dosen luar biasa 44 orang

Tenaga penunjang (teknisi/administrasi) sebanyak 21 orang

Fasilitas

Laboratorium: Kimia, Fisika, Kimia Organik dan Anorganik
Laboratorium Kebumian
Laboratorium Program Studi
Sarana Olahraga: Basket, Volley, Badminton, Tenis meja
Perpustakaan
Ruang kelas multimedia
Hotspot area



Sistem Penerapan Kedisiplinan

Menerapkan pola kedisiplinan sebagai dasar dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan sehari-hari
Pembinaan kedisipilinan dilaksanakan secara profesional oleh Ajendam II/Sriwijaya dengan mengutamakan pembinaan kesadaran, kedisiplinan dengan konsep no body contact.



Sistem Pendidikan

Kurikulum dirancang berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan mengacu kepada dunia industri khususnya industri pertambangan energi.
Kegiatan fieldtrip di awal kuliah untuk memberikan gambaran tentang industri perminyakan dan batubara secara nyata



Kegiatan Kemahasiswaan

Wahana penyaluran kreatifitas, bakat dan organisasi melalui BEM, MPM, DPM, HMJ dan UKM
Mengkhususkan hari Jum’at untuk kegiatan olahraga (senam aerobic, bulutangkis, futsal, tennis meja, volley, sepak takraw, beladiri, bola basket) dan Kegiatan Organisasi Mahasiswa
Pelaksanaan Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) selama seminggu penuh tanpa kegiatan perkuliahan yang dilaksanakan setelah mid semester dalam rangka untuk mengakamodir kreatifitas mahasiswa dibidang seno, olahraga dan organisasi.

Sumber Daya Alam di bidang energi yang dimiliki Indonesia begitu berlimpah sehingga menuntut ketersediaan Sumber Daya Manusia yang handal, menguasai ilmu dan teknologi serta mampu bekerja secara profesional agar diharapkan mampu mengolah Sumber Daya Energi untuk kejayaan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Politeknik Akamigas Palembang hadir untuk menjawab tantangan akan kebutuhan Sumber Daya Manusi yang memenuhi kualifikasi agar tercapainya keselarasan pengelolaan dan pengolahan Sumber Daya Alam di Indonesia. Politeknik Akamigas siap untuk menjawab tantangan sumber daya manusia di bidang energi primer melalui sistem pendidikan yang ditawarkan kepada seluruh putra-putri Indonesia yang siap menjadi bagian dari Sumber Daya Manusia yang profesional, handal dan bertaqwa dalam pengelolaan dan pengolahan sumber daya energi dengan kurikulum pendidikan yang dirancang berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang mengacu kepada perkembangan dunia industri khususnya industri pertambangan energi rpimer (minyak bumi, gas bumi dan batubara) yang memiliki jumlah SKS sebanyak 110 sampai 120 SKS.

Untuk itu, Politeknik Akamigas Palembang telah membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2014/2015 yang akan dibuka pada:

GELOMBANG I : 1 April – 12 Juni 2014
Tes Seleksi Gelombang I : 14 Juni 2014
GELOMBANG II : 13 Juni – 21 Agustus 2014
Tes Seleksi Gelombang II : 23 Agustus 2014

Dalam proses seleksi, pihak panitia menetapkan 3 (tiga) tahapan seleksi yang berlaku sistem gugur pada setiap seleksi yang diikuti dan bersifat bertingkat. 3 (tiga) tahap seleksi tersebut meliputi:

Psikotes, jika lulus mengikuti tes ini peserta dapat melanjutkan ke tahapan tes berikutnya.
Pemeriksaan Kesehatan dan Kebugaran yang diselenggarakan oleh Politeknik Akamigas Palembang yang melibatkan tim kesehatan yang berkompeten dibidangnya. Jika dari hasil pemeriksaan kesehatan peserta dinytakan lulus, maka dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya.
Wawancara. Pada proses seleksi ditingkat ini, para peserta WAJIB didampingi oleh orang tua kandung (Ayah & Ibu) anggota keluarga lain yang ditunjuk sebagai wali oleh keluarga peserta. Jika pada tahapan ini peserta dinyatakan lulus, maka sudah menjadi Calon Mahasiswa Baru Politeknik Akamigas Palembang.

Persyaratan

Syarat untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Akamigas Palembang tahun akademik 2014/2015 sebagai berikut:

Warga negara Indonesia
Lulus SMA-IPA/MAN-IPA/SMK Teknik/Kimia
Menyerahkan fotokopi Ijazah/STTB dan NEM/STK yang telah dilegalisir oleh pihak sekolah masing-masing sebanyak 2 (dua) lembar serta memperlihatkan Ijazah STT dan NEM/STK yang asli pada saat pendaftaran.
Menyerahkan fotokopi rapor semester 1 & 2 kelas X – XII yang dilegalisir sebanyak 1 rangkap
Menyerahkan fotokopi kartu keluarga sebanyak 1 lembar.
Menyertakan pas poto diri terbaru berwarna ukuran: 2×3, 3×4 dan 4×6 masing-masing sebanyak 5 (lima) lembar.
Mengisi formulir pendaftaran.
Tidak bertato dan narkoba
Tidak cacat fisik, yaitu hilangnya anggota badan atau tidak berfungsinya salah satu organ vital tubuh.
Membayar uang pendaftaran sebesar: Rp. 450.000,-

Anda juga bisa membaca artikel tanya-jawab seputar Penerimaan Mahasiswa Baru DISINI

Tempat pendaftaran:

Kantor Pusat Administrasi politeknik Akmaigas Palembang
Jalan Kebon Jahe Gedung Diklat RU III Komplek Pertamina RU III Plaju
Telepon: 0711 7320800 Faximile: 0711 595595
Email: admin@poliakamigasplg.ac.id
Komplek Ilir Barat Permai Blok D nomor 61-62 Palembang
Telepon: 0711 311512
Lampung
Jl. Jend. R. Soeprapto No.25/72 Kel. Pelita, Kec. Tanjung Karang Pusat, Bandar Lampung, Telp.0721-261153
Jambi
Jl. Jawa No.03 RT.22 Kel. Kebon Handil, Kec. Jelutung, Kota Jambi
Telp.0741-7000208

Untuk informasi lebih lanjut, anda melakukan livechat dengan petugas kami melalui facebook: http://facebook.com/akamigaspalembang atau pun fasilitas livechat yang ada di website resmi Politeknik Akamigas Palembang di alamat: www.poliakamigasplg.ac.id.

Kami tunggu kehadiran anda. Salam akamigas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar