Senin, 23 Juni 2014

Profile Kampus STIE MUSI Palembang

Profile Kampus STIE MUSI Palembang

Sejarah Sekolah Tinggi Teknik Musi
Informasi tentang sejarah berdirinya Sekolah Tinggi Teknik Musi

Sekolah Tinggi Teknik (STT) Musi merupakan persiapan Universitas Katolik Musi yang telah dicetuskan pertama kali di dalam pertemuan Ikatan Sarjana dan Cendekiawan Katolik Indonesia (ISKA) Cabang Palembang pada tahun 1986. Kemudian, atas prakarsa dari dr. Hardi Darmawan, MPH, TM.PRSTM dan Rm. Aloysius Soedarso, MA, SCJ (Saat ini sebagai Uskup Keuskupan Agung Palembang) dan didukung oleh Mgr. JH. Soudant, SCJ serta umat, pada tahun 1988 dimulailah serangkaian kegiatan untuk mendirikan Universitas Katolik di Palembang. Hal ini diwujudkan pada tanggal 20 September 1990 dengan terbentuknya Yayasan Musi dengan Ir. Thomas Suratmin sebagai Ketua. Dari usaha yang tidak mengenal lelah, meskipun belum sepenuhnya sesuai dengan harapan, pada tanggal 1 Juni 1992 terbit Surat Keputusan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 205/DIKTI/Kep/1992 tentang diberikannya status terdaftar untuk Sekolah Tinggi Teknik Musi, Program Strata 1 dengan Jurusan Teknik Teknik Arsitektur dan Jurusan Teknik dan Manajemen Industri yang pada tahun akademik 1996/1997 dengan Keputusan Mendikbud RI No. 0218/U/1995 menjadi Jurusan Teknik Industri.
Pada tahun 2004 STT Musi mengembangkan diri dengan menambah Jurusan baru yaitu Jurusan Teknik Informatika (SK Dirjen dikti No. 2053/D/T/2004) dan kemudian tahun 2006 menambah satu jurusan lagi yaitu Jurusan Sistem Informasi (SK Dirjen Dikti No. 1200/D/T/2006).

Dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan, STT Musi bekerjasama dengan beberapa institusi pendidikan yaitu Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Bandung Universitas Atma Jaya (UAJ) Yogyakarta dan Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang.

STT Musi juga tergabung dan telah menjadi anggota Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik (APTIK) se Indonesia. Kegiatan yang telah dilakukan bersama dengan anggota APTIK yang lain yaitu kerjasama penelitian, pengabdian masyarakat, kemahasiswaan, perpustakaan dan lain-lain.

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2014/2015
A. PROGRAM STUDI YANG DITAWARKAN
Teknik Arsitektur (S1) - Kelas Pagi
Teknik Industri (S1) - Kelas Pagi dan Sore
Teknik Informatika (S1) - Kelas Pagi dan Sore
Teknik Informasi (S1) - Kelas Pagi dan Sore

B. JALUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU
JALUR PRESTASI
merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru berdasarkan nilai rapor SMA/SMK (pelaksanaan jalur prestasi lihat tabel waktu)
Beasiswa Yayasan Musi
Sekolah Tinggi Teknik Musi memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa. Syarat-syarat beasiswa yang harus dipenuhi adalah harus lulus SMA/SMK sederajat tahun ini (fresh graduate), mengisi formulir pendaftaran (gratis) dan melengkapinya, nilai rapor dari kelas X-XI rata-rata minimal 75 atau 7,5, memiliki prestasi dibidang akademik dan non akademik, aktif di kegiatan sekolah, melampirkan surat rekomendasi dari kepala sekolah sebagai calon mahasiswa beasiswa, bersedia mengikuti kuliah kelas pagi, bersedia mengikuti pembinaan yang akan dilakukan oleh pihak Sekolah Tinggi Teknik Musi, dan melampirkan fotokopi rekening listrik 2 (dua) bulan terakhir, juga melampirkan surat keterangan tidak mampu dari Lurah atau RT setempat. Bagi yang memenuhi syarat diatas berkesempatan untuk masuk dalam program Beasiswa Musi, yaitu beasiswa ini diberikan secara terbatas kepada calon mahasiswa STT yang berprestasi dibidang akademik dan non akademik dari keluarga ekonomi lemah dalam bentuk pembebasan USM, bebas UP3, dan pemotongan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) sebesar 100% untuk semester I.
Jadwal Pendaftaran Program Beasiswa:
No Keterangan Beasiswa Musi
1
Pendaftaran 1 Oktober 2013 – 26 Januari 2014
2
Seleksi Administrasi 27 Januari 2014 – 1 Februari 2014
3
Pengumuman pertama 3 Februari 2014
4
Seleksi Wawancara 10 - 15 Februari 2014
5
Pengumuman akhir 3 Maret 2014
6
Registrasi 4 Maret 2014 – 15 Maret 2014
Ketentuan Lain tentang Beasiswa Musi
Jika calon mahasiswa melakukan registrasi diluar waktu yang sudah ditentukan, maka akan dianggap mengundurkan diri dan masih diperkenankan untuk mendaftar di jalur lain dengan tetap diseleksi dan mengikuti semua prosedur yang ada.
Calon mahasiswa STT Musi yang belum diterima di Jalur Beasiswa ini, tidak otomatis diterima di jalur khusus atau lainnya. Jika yang bersangkutan mau mendaftar di jalur lain di ST Musi, maka akan tetap mengikuti seleksi awal dan juga mengikuti semua prosedur yang ada.
Kuota penerimaan untuk jalur Beasiswa ini terbatas hanya untuk beberapa mahasiswa berdasarkan keputusan Sekolah Tinggi masing-masing.
Jalur Khusus STT Musi
Terbuka bagi seluruh calon mahasiswa yang memiliki prestasi dibidang akademik dan non akademik di SMA/SMK dalam bentuk bebas USM, pemotongan Uang Partisipasi Pengembangan dan Pembangunan (UP3), serta memiliki prioritas mendapatkan beasiswa ditahun akademik selanjutnya. Besarnya potongan yang diberikan untuk untuk STT adalah 25% atau 50% dari UP3 kelas pagi atau sore. Diberikan kesempatan untuk mahasiswa STT yang khusus mengambil kelas pagi untuk mendapatkan potongan sebesar 100% dari UP3. Persyaratannya adalah lulus dari SMA/SMK sederajat tahun ini (fresh graduate), memiliki nilai rata-rata rapor dari kelas X-XI minimal 70 atau 7,0 setiap semester, mengisi formulir (pada saat pengembalian formulir di kenakan biaya administrasi sebesar Rp 200.000) dan melengkapinya, aktif dikegiatan sekolah, untuk jalur khusus STT boleh memilih kuliah pagi atau sore (kecuali teknik Arsitektur).
Jadwal Pendaftaran Program Jalur Khusus (STT)
No Keterangan Gelombang I Gelombang II
1
Pendaftaran 27 Januari 2014 – 21 Februari 2014 24 Febuari 2014 – 22 Maret 2014
2
Seleksi Administrasi 24 Februari 2014 – 4 Maret 2014 24 Maret 2014 – 4 April 2014
3
Pengumuman pertama 8 Maret 2014 5 April 2014
6
Registrasi 10 Maret 2014 – 31 Maret 2014 7 April 2014 – 28 April 2014
Ketentuan Lain tentang Jalur Khusus ST Musi
jika calon mahasiswa melakukan registrasi diluar waktu yang sudah ditentukan dan masih dalam waktu 30 hari setelah tanggal pengumuman maka tidak akan mendapatkan potongan biaya. Dan jika calon mahasiswa melakukan registrasi lewat dari 30 hari setelah tanggal pengumuman, maka akan dianggap mengundurkan diri dan masih diperkenankan untuk mendaftar di jalur USM dengan tetap membeli formulir dan mengikuti Ujian Saringan Masuk (mengikuti prosedur USM).
Peserta atau calon mahasiswa yang tidak lulus di program Jalur Khusus tidak otomatis disalurkan ke jalur USM.
Peserta harus membeli lagi formulir pendaftaran dan mengikuti prosedur Ujian Saringan Masuk.
Kuota penerimaan untuk Jalur Khusus ini terbatas hanya untuk beberapa mahasiswa dan berdasarkan hasil keputusan masing-masing Sekolah Tinggi .
REGULER
Merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan melalui Ujian Saringan Masuk (USM). Persyaratan mengikuti jalur reguler :
Lulus dan tamat SMA/SMK
Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,00 untuk 1 (satu) pilihan dan Rp 300.000,00 untuk 2 (dua) pilihan
Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar
Calon mahasiswa memilih 1 (satu) jurusan di STT untuk 1 (satu) pilihan, dan 2 (dua) jurusan masing-masing satu di STT untuk 2 (dua) pilihan
Calon mahasiswa harus memilih waktu kuliah (kelas pagi/kelas sore), kecuali Teknik Arsitektur hanya ada kelas pagi
Mengembalikan formulir pendaftaran kepada panitia penerimaan mahasiswa baru dengan melampirkan berkas-berkas yang diperlukan untuk mendapatkan Nomor ujian Saringan Masuk
Bagi pendaftar program studi Teknik Asitektur, wajib melampirkan surat keterangan tidak buta warna dari dokter mata
Masa Pendaftaran : 06 Januari – 15 Agustus 2014
Ujian Saringan Masuk : Setiap hari Sabtu (Minggu Ketiga) selama masa pendaftaran
Pengumuman : 3 (tiga) hari setelah tanggal Ujian Saringan Masuk
Registrasi : 2 (dua) minggu setelah tanggal pengumuman


C. BIAYA PENDIDIKAN DI STT MUSI

Jurusan Kelas BPP UP3 Kemahasiswaan Total
Teknik Arsitektur (Akreditasi B) Pagi Rp 6.000.000 Rp 10.000.000 Rp 750.000 Rp 16.750.000
Teknik Industri (Akreditasi C), Teknik Informatika (Akreditasi C), Sistem Informasi (Akreditasi C) Pagi Rp 5.000.000 Rp 10.000.000 Rp 750.000 Rp 15.750.000
Teknik Industri (Akreditasi C), Teknik Informatika (Akreditasi C), Sistem Informasi (Akreditasi C) Sore Rp 6.000.000 Rp 12.000.000 Rp 750.000 Rp 18.750.000
Komponen biaya studi di ST Musi adalah sebagai berikut :
Biaya penyelenggaraan Pendidikan (BPP), dan
Uang Partisipasi Pengembangan dan Pembangunan (UP3)

Catatan :
BPP adalah Biaya pendidikan yang harus di bayarkan setiap semester (tidak ada biaya per sks lagi)
Mahasiswa baru Sekolah Tinggi Teknik (STT) Musi tahun akademik 2013/2014 akan mengalami kenaikan BPP sebesar 10% setiap 2 (dua) tahun sekali
Kegiatan mahasiswa baru adalah biaya untuk semua kegiatan mahasiswa, termasuk almamater, asuransi, dan kegiatan penerimaan mahasiswa baru, juga kegiatan mahasiswa yang lainnya (Hanya di bayar satu kali pada awal masuk kuliah
UP3 adalah Uang pembangunan (uang pangkal) yang di bayarkan hanya satu kali pada awal masuk kuliah)
Range UP3 STT Musi tergantung dari hasil test dan juga beberapa akan melalui proses wawancara untuk jalur USM, dan untuk Beasiswa dan Jalur Khusus berlaku potongan UP3 di Range I

D. Registrasi Ulang
Calon mahasiswa baru yang sudah diterima baik melalui jalur prestasi atau jalur reguler harus melakukan registrasi ulang sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.
Syarat Pedaftaran Ulang :
Mengambil formulir pendaftaran ulang, surat pernyataan, dan formulir ORASI (Orientasi Mahasiswa Baru ST Musi)
Membayar/mentransfer kewajiban keuangan sesuai ketentuan (slip dapat diambil di STT dan tempat pendaftaran)
Persyaratan Registrasi Ulang :
Keterangan STT MUSI
Formulir Registrasi 1 lembar
Surat pernyataan bebas narkoba 1 lembar
Bukti slip pembayaran 1 lembar
Fotokopi ijasah dan SKHU (legalisir)* 3 lembar
Fotokopi rapor kelas X-XII (legalisir) 1 lembar
Fotokopi akte kelahiran 3 lembar
Pasfoto ukuran 3x4 3 lembar (warna, pakai kemeja biasa)
Pasfoto ukuran 4x6 3 lembar (warna, pakai kemeja biasa)
Materai Rp 6.000 1 lembar

*Berkas yang masih belum lengkap dapat dikumpulkan kemudian (menyusul) sesuai dengan waktu yang di tentukan oleh pihak ST Musi. waktu pengumpulan berkas sudah pasti sebelum awal perkuliahan dimulai

E. PENGUNDURAN DIRI CALON MAHASISWA STT MUSI
Bagi calon mahasiswa baru yang telah mendaftar ulang dan resmi menjadi mahasiswa STT MUSI tahun akademik 2014/2015 dan hendak mengundurkan diri dari pilihan program studi di STT MUSI dapat dilayani dengan ketentuan :
Pengunduran diri dilakukan jika calon mahasiswa sudah terdaftar sebagai mahasiswa dengan telah membayar kewajiban keuangan berupa UP3 dan BPP semester I.
Diterima pada program studi (S1) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui SBMPTN (yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia)
Persyaratan :
Melampirkan tanda bukti diterima SBMPTN (asli)
Fotokopi kartu ujian SBMPTN 2014
Besar biaya yang dikembalikan adalah sesuai dengan ketentuan yang berlaku di STT Musi
Jatuh tempo pengunduran diri dilayani dengan batas waktu 1 minggu terhitung sejak hasil SBMPTN diumumkan.
Uang kewajiban keuangan tidak dikembalikan jika alasannya diterima di perguruan tinggi lain dan tidak sesuai dengan ketentuan di atas.
Prosedur pengunduran diri :
Mengisi formulir pengunduran diri
Mengisi formulir pengembalian biaya pendidikan
Menyerahkan formulir ke BAAK beserta lampirannya :
Tanda bukti diterima di PTN dibawah tes SBMPTN (berupa pengumuman yang dimuat di koran-asli)
Kartu peserta SBMPTN (nasional) asli
Bukti pembayaran kewajiban keuangan ke STT Musi (asli)

F. Contact Person
Informasi dan Tempat Pendaftaran
Sekolah Tinggi Teknik Musi
Jl. Bangau No. 60 Palembang 30113
Telp/Fax : 0711 366326
Website : www.sttmusi.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar