Jumat, 21 Maret 2014

3 TIPS untuk Dapetin Beasiswa ke LUAR NEGERI

Mau Tembus Beasiswa ke Luar Negeri? Contek 3 Tips Ini
(tips yg bisa diambil pelajaran boeat sobat n juga mimin) ^__^

JAKARTA - Kuliah di luar negeri dengan biaya pribadi membutuhkan dana yang sangat besar. Maka, program beasiswa pun menjadi incaran para kawula muda yang berniat berangkat ke luar negeri dengan budget minimum.

Namun, menembus seleksi program beasiswa bukanlah hal mudah. Beruntung, para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mendapat ilmu dari alumni Teknik Industri ITS, Yosef Manik dalam menghadapi seleksi beasiswa ke luar negeri.

Dalam talkshow besutan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) ITS itu, pria yang sukses menjadi peneliti dari Harvard Kennedy School itu menyebut, ada sejumlah strategi utama untuk menembus program beasiswa kuliah di luar negeri. Dia membagi strategi tersebut ke dalam tiga bagian.

Bagian pertama mengenai kesesuian tujuan mendapatkan beasiswa dengan status akademik negara asal dan keahlian. ''Jika Anda mempunyai keahlian memasak tapi anda melamar di jurusan teknik tentu peluang diterima akan sangat kecil,'' ujar Yosef, seperti disitat dari ITS Online, Kamis (6/2/2014).

Bagian kedua, lanjutnya, terkait kelengkapan semua syarat atau dokumen yang dikirim. Mulai dari sertifkat bahasa asing, esai motivasi, dan surat rekomendasi.

Dia menjelaskan, surat rekomendasi adalah hal krusial dalam penerimaan beasiswa. Sebab rekomendasi yang tidak baik dari dosen akan menjatuhkan penilaian. ''Sebisa mungkin mulai sekarang jalinlah hubungan baik dengan dosen agar ke depannya lebih mudah,'' imbuhnya.

Bagian ketiga dan yang paling penting, kata Yosef, adalah waktu pengiriman aplikasi yang tidak melebihi batas pendaftaran. Sebab, persiapan TOEFL ataupun surat rekomendasi tidak dapat selesai dalam waktu singkat.

''Mengirim aplikasi beasiswa hanya membutuhkan beberapa menit. Tetapi membutuhkan satu tahun untuk mempersiapkan aplikasi itu,'' urai Yosef.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar