Jumat, 21 Maret 2014

PROFILE UNIVERSITAS LAMPUNG

Universitas Lampung (atau disingkat Unila) adalah salah satu universitas negeri di Lampung, Indonesia.

Beralamat di Jalan Sumantri Brojonegoro No. 1 Gedungmeneng, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia.

Sejarah

Keinginan mendirikan perguruan tinggi di Lampung merupakan cita-cita para tokoh masyarakat Lampung sejak tahun 1960-an, yang dimaksudkan sebagai wahana untuk mencerdaskan masyarakat pada jenjang pendidikan tinggi, karena semakin banyak putera-puteri terbaik lulusan SMA yang harus pergi ke Jawa atau Palembang untuk dapat melanjutkan studinya. Di pihak lain, Provinsi Lampung yang baru terbentuk juga sangat memerlukan tenaga lulusan perguruan tinggi dalam jumlah banyak guna melaksanakan kegiatan pembangunan di daerah ini.

Cita-cita pendirian perguruan tinggi di Lampung tersebut diupayakan terwujud oleh dua panitia, yaitu: (1) Panitia Pendirian dan Perluasan Sekolah Lanjutan (P3SL) yang berubah menjadi Panitia Pendirian dan Perluasan Sekolah Lanjutan dan Fakultas (P3SLF) diketuai oleh Ahmad Farhan; dan (2) Panitia Persiapan Pembentukan Yayasan Perguruan Tinggi Lampung (P3YPTL) diketuai oleh Nadirsyah Zaini, M.A. Kedua panitia dilebur menjadi Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Lampung (YPPTL). Yayasan ini membentuk Fakultas Ekonomi, Hukum, dan Sosial (FEHS), berkedudukan di Jalan Hasanuddin 34 Telukbetung.

YPPTL ditugasi membina FEHS tersebut dan mengupayakan status negeri. Jalan yang ditempuh adalah dengan bekerjasama dengan Universitas Sriwijaya (Unsri) di Palembang. Berdasarkan keputusan Presiden Unsri Nomor D-40-7-1961, tanggal 14 Februari 1961, terhitung sejak 1 Februari 1961, FEHS Lampung ditetapkan sebagai Fakultas Ekonomi Cabang Unsri dan Fakultas Hukum Cabang Unsri berkedudukan di Telukbetung, Lampung. Pada tanggal 23 September 1965, keluar Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 195 tahun 1965, yang meresmikan berdirinya Universitas Lampung sebagai universitas negeri di Lampung. Keputusan PTIP tersebut dikukuhkan dengan Keputusan Presiden RI No. 73 tahun 1966.

Pada saat diresmikan, Universitas Lampung disingkat Unila, terdiri dari dua fakultas yaitu: Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum yang semula keduanya merupakan fakultas-fakultas cabang Unsri. Pada tahun 1968 Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Cabang Jakarta diintegrasikan ke dalam Unila berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Nomor 1 Tahun 1968 menjadi Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan. Kemudian fakultas-fakultas di lingkungan Unila terus bertambah, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Hari jadi Unila ditetapkan pada tanggal 23 September 1965, berdasarkan pada keluarnya Surat Keputusan Menteri PTIP yang menetapkan berdirinya Unila

Unila terus berkembang dengan adanya 7 (tujuh) fakultas sampai pada tahun 2002/2003 dibuka Program Pendidikan Dokter. Berdasarkan SK Dikti Nomor 3195/D/I/2003 Unila mendapat izin menyelenggarakan Program Pendidikan Dikter yang tahun ajaran 2002/2003 mulai menerima mahasiswa baru. Dengan demikian saat ini Unila terdirio dari 7 (tujuh) fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan 1 (satu) Program Pendidikan Dokter.
Gedung Rektorat Universitas Lampung

Pada tahun 1999 Unila menyelenggarakan Program Pascasarjana yang dimulai oleh program studi Magister Teknologi Agroindustri dan Magister Hukum, diikuti oleh Magister Manajemen dan Agronomi pada tahun 2000 dan Magister Teknologi Pendidikan pada tahun 2001. Pada tahun 2002 unila memiliki program pascasarjana yang mengkoordinir dan menetapkan baku mutu Program Studi Pascasarjana di Unila. Selain Program Sarjana dan pascasarjana, unila juga menyelenggarakan program Diploma.

Fakultas

Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Hukum
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Teknik
Fakultas Pertanian
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Kedokteran

Program Studi Sarjana di Universitas Lampung

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan
Manajemen
Akuntansi

Fakultas Hukum

Ilmu Hukum

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

PGSD

Penjaskes
Bimbingan dan Konseling
Pendidikan Ekonomi
Pendidikan Sejarah
Pendidikan Pancasila dan Kewaarganegaraan
Pendidikan Geografi
Pendidikan Matematika
Pendidikan Kimia
Pendidikan Fisika
Pendidikan Biologi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan Bahasa Inggris
Pendidikan Seni Tari
Pendidikan Seni Bercinta

Fakultas Pertanian

Agribisnis/Sosial Ekonomi Pertanian

Teknologi Hasil Pertanian
Produksi Ternak
Teknik Pertanian
Budidaya Perairan
Kehutanan
Agroekoteknologi
Floodologi

Fakultas Teknik

Teknik Sipil

Teknik Mesin
Teknik Elektro
Teknik Kimia
Teknik Geofisika
Tehnik Aikido

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Sosiologi
Ilmu Pemerintahan
Ilmu Administrasi Negara
Ilmu Administrasi Bisnis
Ilmu Komunikasi
Hubungan Internasional

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Kimia
Biologi
Fisika
Matematika
Ilmu Komputer

Fakultas Kedokteran

Pendidikan Dokter

Sarana Akademik



Kantor Administrasi Pusat

Kantor Administrasi Pusat Merupakan pusat kegiatan akademik administrasi Universitas Lampung. Gedung ini dipergunakan sebagai kantor Rektor, Pembantu Rektor I, Pembantu Rektor II, Pembantu Rektor III, dan Pembantu Rektor IV. Selain itu gedung ini dipergunakan pula untuk Kantor Lembaga Penelitian; Lembaga Pengabdian Kepad Masyarakat; UPT Pusat Komputer; dan UPT Kebun Percobaan. Kedua Biro yaitu BAAKPSI dan BAUK juga berkantor disini.

Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK)

BAAK adalah pembantu pimpinan Unila di bidang administrasi akademik dan kemahasiswaan, yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Rektor dan sehari-hari pembinaannya dilakukan oleh Pembantu Rektor I (yang menyangkut administrasi akademik), oleh Pembantu Rektor III (yang menyangkut administrasi kemahasiswaan).

Kantor Administrasi Fakultas dan Jurusan

Pada Tahun Akademik 2003/2004 Universitas Lampung memiliki tujuh fakultas dan satu program pendidikan dokter. Pada setiap Fakultas terdapat gedung kantor yang ditempati oleh Dekan., Pembantu Dekan I, Pembantu Dekan II, Pembantu Dekan III, Kepala Tata Usaha Fakultas, Pegawai-Pegawai lainya. Pada kantor ini diselenggarakan kegiatan administrasi akademik dan kemahasiswaan serta administrasi umum. Selain kantor administrasi fakultas, terdapat pula kantor jurusan sebagai tempat Dosen melaksanakan tugas membimbing para mahasiswa dan kegiatan administrasi di tingkat jurusan.

Ruang Kuliah, Laboratorium/Studio, Bengkel

Pada tiap fakultas terdapat berbagai gedung dengan berbagai fungsi, antara lain ruang kuliah, laboratorium/studio, dan pada fakultas tertentu terdapat Bengkel seperti di Fakultas Teknik. Di beberapa ruang kuliah tertentu dilengkapi dengan sarana pendidikan meliputi overhead projector, papan tulis white board, serta kursi kuliah yang diatur secara baik untuk membantu kegiatan proses belajar mengajar agar berlangsung dengan baik. Tempat Praktek mahasiswa meliputi laboratorium/studio dan bengkel yang dilengkapi dengan peralatan memadai sesuai dengan bidang studi masing-masing.

UPT Perpustakaan

Sarana pendukung kegiatan belajar mengajar mutlak dibutuhkan oleh setiap universitas seperti halnya perpustakaan. Berbagai judul buku dengan berbagai bidang ilmu, dan dengan jumlah exemplar yang memadai, perpustakaan melayani mahasiswa, dosen, serta karyawan untuk mendapatkan buku bacaan sesusai dengan bidang ilmu masing-masing. Perpustakaan dengan gedungnya yang megah serta peralatan yang relatif memadai diharapkan mampu melayani para pemakai dengan sebaik-baiknya. Judul koleksi buku di perpustakaan Unila saat ini adalah 64.918, dengan rincian IPA/murni 9.512, IPS 25.080, Agama 2.219, Umum 3.187, Filsafat 1.068, Bahasa 1.390, Ilmu Pengetahuan Praktis/Teknologi 18.082, Kesenian, Hiburan, Olahraga 1.375, Kesusteraan 1.165, Sejarah, Geografi, dan Ilmu Bumi 1.840. Jurnal sebanayak 1.016 judul dengan jumlah 1.911 eksemplar, majalah sebanyak 2.264 judul dengan jumlah 3.499 eksemplar, koleksi CD-ROM sebanyak 31 judul dengan jumlah 74 eksemplar, dan koleksi skripsi/karya ilmiah Mahasiswa sebanayak 16.848 judul dengan jumlah 16.848 eksemplar.
UPT Pusat Komputer

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Komputer

Berfungsi membantu pelayanan kegiatan universitas meliputi administrasi akademik dan administrasi umum. Di bidang administrasi akademik, UPT pusat Komputer menyelenggarkan kegiatan administrasi akademik meliputi registrasi akademik mahasiswa,pengolahan nilai mahasiswa, dan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan administrasi mahasiswa serta dosen. Di bidang administrsi umum, membantu pengolahan data kepegawaian, keuangan, administsrsi umum, dan berbagai kegiatan lainya.
Dibidang keuangan,UPT Pusat Komputer antara lain mengolah data gaji, dan di bidang lain juga mengolah administrsi kepegawaian.

UPT Balai Bahasa

Unit Pelaksana Teknis (UPT) balai bahasa dengan pelataran yang relatif cukup memadai berusaha meningkatkan kemampuan berbahasa terutama bahasa inggris bagi dosen, mahasiswa, dan masyarakat umum. Dalam usaha untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam penguasaan bahasa inggris, UPT Balai Bahasa meningkatkan mutu sarana maupun prasarana, seperti ruang yang representatif serta peralatan laboratorium bahasa yang cukup memadai.

UPT Kebun Percobaan

Universitas Lampung memiliki lahan kebun percobaan seluas 72,5 ha, yang dipergunakan sebagai tempat mahasiswa dan dosen Fakultas Pertanian melaksanakan penelitian. Kebun percobaan ini terletak di Desa Tanjungan, Kabupaten Lampung Selatan. Di samping itu, Pemda Lampung juga menghibahkan lahan seluas sekitar 100 ha di Lampung Barat.

UPT Pelayanan Pendidikan

Unit Pelayanan Pendidikan adalah unit pelaksana teknis dengan fungsi utama mengembangkan media dan sarana pendidikan untuk mendapatkan efektifitas proses belajar mengajar melalui pengembangan sistem pembelajaran. Unit pelayanan pendidikan juga berfungsi sebagai tempat latihan untuk meningkatkan keterampilan mengajar bagi dosen maupun mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Di UPT Pelayanan Pendidikan ini para pengguna media pendidikan dilatih untuk menggunakan peralatan pendidikan.

Mata Kuliah Umum (MKU) dikoordinasikan oleh UPT pepalayanan pendidikan yang mengkoordinasikan kelompok MKU dan melaksanakan pembinaan karier para dosen MKU. Sehari-harinya dibina oleh pembantu rektor I, dan saat ini berkantor bersama dalam sebuah gedung dengan UPT Balai Bahasa.

UPT Fasilitas Olahraga

UPT Fasilitas Olahraga adalah UPT yang mengkoordinasikan fasilitas keolahragaan termasuk mengatur penggunaan serta pemeliharaanya. Dengan adanya UPT ini diharapkan olahraga di kampus, terutama bagi mahasiswa dapat berjalan secara maksimal.

UPT Pusat Jaringan Ketenagakerjaan

Unit Pelayanan Teknis Pusat Jaringan Ketenagakerjaan bertugas untuk membantu para alumni/lulusan Unila untuk mendapatkan pekerjaan yang cepat dan tepat sesuai dengan bidangnya. UPT PJK menyelenggarakan pelatihan-pelatihan tentang kiat mencari pekerjaan. Dengan adanya UPT ini diharapkan dapat menjembatani antara pencari kerja (lulusan) dengan para pengguna tenaga kerja/dunia industri.

UPT Percetakan dan Penerbitan

Unit pelaksana Teknis Percetakan dan Penerbitan Universitas Lampung menempati lantai dasar sebuah gedung, bersama-sama dengan UPT perpustakaan. Unit ini bertugas mencetak buku-buku serta berbagai cetakan lainya, terutama untuk melayani kebutuhan di lingkungan Universitas Lampung termasuk fakultas –fakultas . Selain itu menertibkan pula buku-buku yang di tulis oleh para dosen Univeritas Lampung

SARANA UMUM

Gedung Serba Guna (GSG) yang cukup megah sesuai dengan namanya, digunakan dalam berbagai kegiatan, antara lain kuliah umum, kegiatan wisuda, olahraga, dan kegiatan lain terutama oleh mahasiswa Univeristas Lampung.
Selain itu, gedung ini di izinkan pula untuk dipergunakan oleh lembaga pendidikan lain bahkan masyarakat umum dapat pula menggunakannya dengan persyaratan-persyaratan tertentu.

Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM)
Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa dipergunakan untuk kegiatan para mahasiswa dalam berorganisasi intra universitas baik yang bersifat teknologi maupun seni. Di gedung ini terdapat Kantor Dewan Mahasiswa Universitas Lampung, Pramuka, Koperasi Mahasiswa, dan Menwa. Berbagai kegiatan kesenian dan pameran, misalnya filateli diselenggarakan di gedung ini.

Sarana Olah Raga
Untuk membina mahasiswa dalam bidang olah raga, berbagai faslitas olahraga telah dimiliki unila. Fasilitas olahraga tersebut antara lain : kolam renang, lapangan sepak bola, lapangan tenis, lapangan voli, lapangan hoki, bahkan padepokan yudo telah berdiri megah pula. Dengan sarana olah raga yang telah ada diharapkan dapat dihasilkan olahragawan yang berprestasi nasional maupun internasional.

Kantor Pos
Universitas Lampung memiliki mahasiswa dari berbagai daerah, oleh karna itu keberadaan kantor pos sangat membantu mahasiswa dalam berhubungan dengan keluarganya. Selain itu disadari pula bahwa Universitas Lampung semakin besar dan konsekuensinya membutuhkan jasa pelayanan pos. Karena itu kantor pos diberi prioritas untuk membangun gedung di lingkungan kampus.

BNI Kantor Cabang Pembantu Unila
Jasa bank sangat dibutuhkan oleh Universitas Lampung maupun masyarakat kampus. Oleh karena itu BNI diizinkan untuk membuka Kantor Cabang Pembantu di kampus Unila. Bank ini dibutuhkan untuk memperlancar lalu lintas keuangan baik bagi Unila, dosen, dan mahasiswanya.

Wisma Tamu
Unila memilki wisma tamu yaitu tempat penginapan bagi para dosen, atau masyarakat terutama yang berhubungan dengan Universitas Lampung. Wisma tamu ini terutama digunakan untuk menamapung para dosen dari perguruan tinggi lain yang melakukan kegiatan di Universitas Lampung, antara lain seminar, lokarya, serta kegiatan-kegiatan lainya. Wisma tamu ini juga dapat dipergunakan oleh pihak lain yang membutuhkan.

Toko Koperasi
Sebagai wadah untuk berlatih dibidang bisnis bagi mahasiswa, Koperasi Mahasiswa yang bertempat di Gedung Kegiatan Kemahasiswaan sangat membantu bagi para mahasiswa dalam memenuhi keperluan kuliah, antara lain buku-buku, jasa fotokopi, rental komputer, dan berbagai kebutuhan lainya. Selain koperasi mahasiswa, KPN Bina Dharma yaitu koperasi pegawai Universitas Lampung juga membuka toko dengan melayani kebutuhan para pegawai dan mahasiswa. Dalam toko tersebut disajikan berbagai kebutuhan pegawai dan keluarganya. Selain itu, kebutuhan mahasiswa sperti jasa fotokopi, kios telepon, serta kebutuhan lain.

Kafetaria dan Kantin
Untuk membantu keperluan makan siang bagi para mahasiswa maupun pegawai, Dharma Wanita Universitas Lampung membuka kafetaria dan kantin yang bertempat di Gedung Pusat Kegiatan Kemahasiswaan. Kafetaria dan kantin ini dibuka dengan maksud antara lain membantu pemenuhan gizi dengan harga yang terjangkau sehingga mereka tidak perlu jauh meninggalkan tempat tugas.

Masjid Al-Wasi’i
Bangunan masjid yang megah dan luas didirikan di kampus Universitas Lampung dimaksudkan untuk meningkatkan pembinaan kerohanian bagi masyarakat kampus yaitu dosen, mahasiswa, serta masyarakat di sekitarnya. Masjid ini dikelola oleh para dosen, mahasiswa, dan pegawai. Berbagai kegiatan keagamaan baik yang ditujukan bagi sivitas akademika maupun masyarakat umum dapat dilaksanakan.

Taman Kanak-Kanak
Dharma Wanita Universitas Lampung dalam salah satu kegiatanya mendirikan Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Universitas Lampung. Taman Kanak-kanak tersebut, selain menampung putra-putri para dosen, dan pegawai Universitas Lampung dapat ikut mencerdaskan bangsa.

Tempat Parkir
Dengan jumlah pegawai dan mahasiswa yang cukup banyak, kebutuhan tempat parkir sangat diperlukan oleh Universitas Lampung. Tempat parkir yang aman dengan suasana yang terlindungi oleh pepohonan banyak tersedia di berbagai unit kerja. Khusus parkir sepeda motor disediakan tersendiri untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lints kampus.

Transportasi ke Kampus Universitas Lampung
Universitas Lampung dapat dijangkau dengan mudah dengan berbagai kendaraan umum, baik bus, taksi, maupun kendaraan pribadi. Berdampingan dengan kampus Universitas Lampung, terdapat Terminal induk bis Rajabasa, sehingga dengan kendaraan umum dalam kota, kampus Universitas Lampung dengan cepat dapat terjangkau.



Organisasi Kemahasiswaan

Di Tingkat Universitas

1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KBM
2. Dewan Perwakilan Mahasiswa/Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (DPM/MPM) KBM
3. UKM MENWA
4. UKM Pramuka
5. UKM KRS-PMI
6. UKM MAPALA
7. UKM Filateli
8. UKPM Teknokra
9. UKM KOPMA
10. UKM-BS
11. UKM ZOOM
12. UKM Birohmah
13. UKM Kristen Protestan
14. UKM Hindu
15. UKM Budha
16. UKM Basket
17. UKM Bulu Tangkis
18. UKM Volley Ball
19. UKM Tenis Meja
20. UKM Tenis Lapangan
21. UKM Sepak Bola
22. UKM Atletik
23. UKM Judo
24. UKM Tae Kwondo
25. UKM Karate
26. UKM Kempo
27. UKM Tarung Drajat
28. UKM Pencak Silat
29. UKM Anggar
30. UKM Radio Kampus
31. UKM ESo (English Society)
32. UKM Penelitian
33. Paduan Suara Mahasiswa

A. Fakultas Ekonomi

1.Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
2.Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)
3.HMJ Manajemen
4.HMJ Akutansi
5.HMJ Pembangunan
6.UPT ROIS
7.UPT KSPM
8.UPT PILAR
9.UPT MAHEPEL
10.UPT EEC
11.HMP D3 KOPERASI

B. Fakultas Hukum

1.Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF)
2.Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)
3.HIMA Pidana
4.HIMA Perdata
5.HIMA Administrasi Negara
6.HIMA Tata Negara
7.HIMA Internasional
8.UPT MAHUSA
9.UPT PORMAH
10.UPT FOSSI
11.UPT PSBH
12.UPT LEC
13.UPT LPM Sang Saksi

C. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

1.Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF)
2.UPT FPPI
3.UPT KSS
4.UPT PMPA ORAT
5.HIMAP PCH (PPKN)
6.HIMAP Ekonomi
7.HIMAP Sejarah
8.HIMAP Bahasa dan Sastra Indonesia
9.HIMAP Bahasa Inggris
10.HIMAP Fisika
11.HIMAP Biologi
12.HIMAP Kimia
13.HIMAP Matematika
14.HIMAP Bimbingan Konseling
15.HIMAP Penjaskes
16.HIMAP PGSD
17.HIMAP Bahasa Prancis
18.HIMAP Bahasa Daerah Lampung

D. Fakultas Pertanian

1.Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF)
2.Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPMF)
3.UPTM FOSI
4.UPTM LPM Agrispektro
5.UPTM Gumpalan
6.UPTM LS MATA
7.HIMADITA
8.HIMASEPERTA
9.GAMATALA
10.HMJ THP
11.HMJ TP
12.HIMA D3 Penyuluhan Pertanian
13.HIMA Proteksi Tanaman
14.HIMA Peternakan
15.HIMA SILVA
16.HIMA PERILA

D.Fakultas Teknik

1.Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF)
2.Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPMF)
3.UPT Design Grafis Club
4.UPT Forum Silaturahmi
5.UPT Cremona
6.HMJ Teknik Elektro
7.HMJ Teknik Mesin
8.HMJ Teknik Kimia
9.HMJ Teknik Sipil S1
10.HMJ Teknik Sipil D3
11.HMJ Survey Pemetaan
12.HMJ Arsitektur Lanskap

F. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

1.Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF)
2.Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPMF)
3.UPT Cendekia
4.UPT Cakrawala
5.UPT Republica
6.UPT FSPI
7.HMJ IP
8.HMJ Sosiologi
9.HMPSI Komunikasi
10.HMPSI Administrasi Niaga
11.HMPSI Administrasi Negara
12.HMP Diploma Humas
13.HMPD Pusdokinfo
14.HMPD Administrasi Perkantoran dan Sekretaris

G.Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

1.Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF)
2.Senat Mahasiswa Fakultas (SMF)
3.UPT Rohani Islam
4.UPT Natural
5.HM Biologi
6.HM Fisika
7.HM Kimia
8.HM Matematika

H. Program Pendidikan Dokter

1.Lembaga Kemahasiswaan Kedokteran
Pembinaan Kemahasiswaan

Untuk memenuhi kebutuhan utama mahasiswa, yang mencakup kebutuhan untuk mengembangkan penawaran, minat (bakat dan kegemaran), informasi dan kesejahteraan, maka disediakan empat macam layanan (penalaran, minat, bakat dan kesejahteraan), yang disertai dengan pembinaan dan pengembangannya.

Bidang Penalaran

Pembinaan dan pengembangan kemahasiswaan dalam kegiatan ekstrakulikuler bidang penalaran dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa, sehingga sebagai insan akademis memiliki daya penalaran yang tinggi, responsif terhadap berbagai gejala dan peristiwa yang muncul sebagai kenyataan disekitarnya, dapat berargumentasi cara rasional dan objektif, serta reseptif terhadap pendapat orang lain. Selain itu sebagai calon cendekiawan, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengn wawasan multi-dimensional.

Jenis pembinaan dan pengembangan kemahasiswaan bidang penalaran meliputi kegiatan sebagai berikut:

(a) Lomba Mahasiswa Berprestasi
(b) Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM)
(c) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
(d) Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM)
(e) Seminar, Diskusi, Simposium, Stadium General, dan sebagainya.

Dalam program tahunan, Direktorat PKPPM dan PAK serta Dp3M Ditjen Dikti bekerjasama dengan para pembantu Rektor III (Bidang Kemahasiswaan) Perguruan Tinggi Negri dan Kopertis, setiap awal tahun takwin melaksanakan kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional (PIMNAS) dengan materi LKTM, PKM, Pameran ilmiah, lomba robot, dan stadium generale.

Bidang minat, bakat, dan kegemaran

Pembinaan dan pengembangan kemahasiswaan bidang minat, bakat, dan kegemaran dilaksanakan dengan memberikan layanan ekstrakurikuler yang meliputi bidang olahraga, kesenian, dan minat atau kegemaran khusus, baik yang bersifat rutin maupun insidental. Kegiatan rutin dilaksanakan secara periodik dengan jadwal teratur, sedangkan yang bersifat incidental dilakukan secara tidak terjadwal dan disesuaikan dangan keadaan.

(1)Olahraga

Pembinaan olahraga mahasiswa ditingkat universitas dilaksanakan melalui UKM bidang olahraga. Di Unila ada 16 UKM, yang meliputi: sepak bola, volley ball, basket ball, soft ball, tenis lapangan, tennis meja, yudo, karate dan pencak silat, atletik, anggar, bridge, bulu tangkis, catur, dan renang, setiap dua tahun diadakan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS).

(2)Kesenian

Minat dan bakat seni mahasiswa dikembangkan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bidang seni atau UKM-BS. UKM-BS dan Paduan Suara Mahasiswa (PSM). Unila mempunyai beberapa kegiatan: tari tradisional, tari kreasi, teater, tari modern, kine club, puisi, musik kontemporer, dan seni lukis, PSM membina paduan suara, folk song, dan seni suara. Setiap dua tahun diadakan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas).

(3)Kegemaran Lain

Disamping olahraga dan seni, bakat dan kegemaran mahasiswa juga diarahkan dan ditampung dalam wadah UKM yang sesuai seperti:

(a) UKM Resimen Mahasiswa Raden Intan Satuan Unila
(b) UKM Pramuka G 525 – G 526
(c) UKM KSR-PMI (Korp Sukarela Palang Merah Indonesia)
(d) UKPM (Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa) teknokra
(e) UKM Pecinta Alam (MAPALA)
(f) UKM Filateli (penggemar perangko dan benda-benda pos)
(g) UKM Rakanila (Radiao Mahasiswa Kampus)
(h) UKM Penelitian

Bidang Pelayanan Kesejahteraan Mahasiswa

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan mahasiswa, Unila memberikan berbagai macam kegiatan layanan, yang pelaksanaannya dikoordinasikan dengan unit-unit kegiatan yang bersangkutan. Pelayanan kesejahteraan mahasiswa tersebut mencakup:

(1) Pembinaan Mental dan Kerohanian

Sebagai wujud kepedulian Pimpinan Universitas Lampung dalam pembinaan mental dan spritual mahasiswa adalah dengan memberikan kesempatan seluasl-uasnya kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan keagamaan, dengan terlebih dahulu mengajukan usul kegiatan kepada PR III, dan diskusi keagamaan.

Sarana dan prasarana keagamaan selalu ditingkatkan sesuai dengan kemampuan dan keperluan yang ada, misalnya Masjid Kmpus Al’ Wasi’i. Pengurus masjid ini membina mahasiswa melalui bimbingan rohani mahasiswa (Birohma).

Untuk mahasiswa penganut agama selain islam, kegiatan agama misalnya perayaan Natal, Paskah, hari raya Nyepi, dan perayaan hari Waisak dilaksanakan olah panitia yang dibentuk oleh ukm tyang bersangkutan, seperti UKM Kristen, UKM Hindu, dan UKM Budhis.

(2) Koperasi Mahasiswa (Kopma)

Salah satu kegiatan ekstrakurikuler di bidang kesejahteraan mahasiswa untuk menunjang profesionalisasi adalah Koperasi Mahasiswa (KOPMA). Kopma merupakan wujud partisipasi mahasiswa Unila dalam pengembangan dan pemasyarakatan koperasi. Kopma didirikan pada tanggal 27 Februari 1982 dan disahkan sebagai badan hukum oleh Kandep Koperasi Kodya Bandar Lampung Nomor 506/13H/7/83 tanggal 25 Mei 1983.

Selain berfungsi dalam pelayanan bagi anggotanya, Kopma juga menjadi wadah penyaluran kreatifitas anggota dalam berbagai kegiatan produktif dan kegiatan pengembangan profesi. Keanggotaan Kopma Unila terdiri dari anggota biasa yaitu seluruh mahasiswa Unila yang terdaftar, anggota luar biasa yaitu anggota Kopma yang tidak lagi berstatus sebagai mahasiswa tetapi tetap berpartisipasi dalam Kopma, dan anggota kehormatan yang ditetapkan oleh pengurus Kopma dengan SK. Usaha pelayanan Kopma Unila meliputi bursa mahasiswa yang menyediakan alat tulis kantor, barang kebutuhan sehari-hari, unit toko buku, unit fotocopy, unit jasa penjilidan, unit penyewaan (rental) komputer, dan unit simpan pinjam.

(3) Pemberian Beasiswa

Setiap tahun Unila menyalurkan beasiswa dari 48 sponsor/donatur kepada mahasiswa yang memenuhi persyaratan sebagaimana yang ditentukan oleh pihak pemberi.

Prosedur: Mahasiswa mengajukan permohonan beasiswa kepada Rektor melalui Dekan fakultas masing-masing dengan dilampiri syarat-syarat yang diwajibkan. Pembantu Rektor III menyeleksi secara administratif, kemudian hasil finalnya disampaikan kepada pihak pemberi beasiswa yang ditindaklanjuti sampai pada pencairan dana.

(4) Asuransi Kecelakaan

Dalam usaha meringankan beban mahasiswa, Unila bekerjasama dengan PT ASURANSI JASA Raharja memberikan layanan jasa asuransi kecelakaan kepada mahasiswa. Seluruh mahasiswa unila diwajibkan untuk membayar premi pada saat pembayaran SPP yang berlaku dalam jangka satu tahun akademik.

Apabila terjadi kecelakaan pada mahasiswa, maka orangtua/wali dapat mengajukan klaim kepada Rektor. Pembantu Rektor III akan mengajukan klaim tersebut kepada PT Asuransi Jasa raharja dengan melampirkan surat keterangan kecelakaan dan formulir klaim yang telah disediakan oleh PT Asuransi Jasa Raharja. Asuransi kecelakaan ini berlaku selama 24 jam.

(5) Poliklinik Kesehatan

Pelayanan kesejahteraan mahasiswa dalam hal pemeliharaan kesejahteraan jasmani diwujudkan oleh Unila dalam bentuk penyediaan poliklinik kesehatan mahasiswa. Poliklinik ini berlokasi digedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Unila, yang dibuka empat hari selama seminggu. Di samping melayani mahasiswa, poliklinik ini juga melayani dosen, karyawan, dan keluarganya. Poliklinik kesehatan mahasiswa ini dipimpin oleh dokter dan perawat dari Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung dan didukung oleh sejumlah dokter dari program pendidikan dokter Unila serta dibantu oleh tenaga administrasi dari staf bagian kemahasiswaan. Biaya operasional poliklinik dibebankan kepada dana SPP/DPP Unila.

(6) Mahasiswa Berprestasi (Mawapres)

Berdasarkan pada petunjuk dari Ditjen Dikti, setiap tahun di Unila dilaksanakan pemilihan mahasiswa berprestasi (Mawapres). Pemilihan Mawapres ini merupakan salah satu upaya penyempurnaan dan melengkapi proses belajar mengajar, sehingga diharapkan timbul suasana yang kondusif dan sadar akan tugas pengisian dan pengembangan misi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Di samping itu, juga bertujuan untuk merangsang kompetisi yang sehat diantara mahasiswa untuk mencapai prestasi terbaik.

Tiap fakultas diwajibkan mengirimkan mahasiswa terbaiknya untuk dikompetisikan ditingkat universitas. Kriteria pemilihan mahasiswa berprestasi mencakup: (1) prestasi akademik, (2) karya tulis ilmiah, (3) prestasi makalah dan (4) bahasa Inggris. Mahasiswa berprestasi terbaik yang terbaik yang trpilih akan mewakili mahasiswa Universitas Lampung dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional dan berpuncak pada hari ulang tahun kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus di Jakarta.

Jalur penerimaan mahasiswa baru: SNMPTN dan SBMPTN

Jika sobat pengen tau info terupdate n lebih lengkap mengenai kampus UNILA silahkan kunjungi web www.unila.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar