Kamis, 27 Maret 2014

Kuliah di Universitas Oxford Inggris, Kampus Bersejarah nan Bonafit

Inggris merupakan kota dengan sejuta pesona. Salah satunya terdapat di bidang pendidikan. Universitas yang cukup dikenal adalah Universitas Oxford. Universitas ini merupakan salah satu universitas tua di Inggris yang mempunyai kredibilitas di bidang pendidikan yang cukup tinggi. Dan satu lagi, kampus ini dibuat syutingnya Harry Potter lho. Keren euy!

Banyak orang dari dalam dan luar Inggris yang mendambakan untuk masuk menjadi bagian dari universitas ini.Universitas ini terdiri dari beberapa institut, fakultas dan divisi. Oxford merupakan universitas yang menonjolkan penelitian dan juga kegiatan kerja sama dengan perusahaan internasional, sehingga menjadikan lulusannya sangat banyak diminati oleh kalangan pebisnis. Ada sisi menarik dari Oxford, yaitu universitas ini memiliki beberapa musium yang mana berisi barang-barang yang sesuai dengan kategori dari musium tersebut. Oxford memang terkenal dan layak diketahui lebih dalam, seperti fakta mengenainya yang ada di bawah ini.
Lokasi Kampus

oxford univ

Kampus dari Oxford ada banyak berdasarkan hall dan college yang tergabung di dalamnya. Oleh karena itu, lokasinya pun berbeda-beda. Namun, yang diketahui secara pasti adalah bahwa universitas ini hanya berada pdi negara Inggris dan tidak ada di negara lain. Letak college dan hall dari universitas ini memiliki jarak yang sangat berdekatan satu sama lain yang mana lokasinya ada di sekitar kota Oxford itu sendiri.
Program Studi

fire_lecture_thumb

Di Universitas Oxford, program studi yang ditawarkan terdiri atas 4 divisi besar dan juga 25 buah departemen yang mana berdasarkan abjad A sampai Z, kecuali abjad X. Divisi yang dimaksud pada universitas ini adalah divisi kemanusiaan, matematika, fisik dan ilmu kehidupan, ilmu pengobatan dan ilmu sosial. Ada pun contoh departemennya diantaranya adalah Pusat Studi Afrika dan juga Departemen Zoology. Kesemua divisi dan departemen tersebut terbagi atas college dan hall berdasarkan abjad kecuali abjad D,F,I,V,X,Y, dan Z. Di Oxford tingkatan yang tersedia sesuai dengan tingkatan yang normal adanya pada setiap universitas di dunia, yaitu tingkatan graduate dan tingkatan post-graduate.

Berikut adalah yang bisa kalian pilih jika kuliah di Universitas Oxford berdasarkan Divisinya:

Humanities (semua yang bersinggungan dengan Seni, Budaya, Bahasa ada disini)
Mathematical, Physical, & life science (semua yang bersinggungan dengan Ilmu hitung, eksakta ada disini)
Medical Sciences (semua yang berhubungan dengan ilmu kedokteran ada disini)
dan Social Sciences (semua yang berhubungan dengan sosial seperti ekonomi, antropologi, ada disini)

Biaya Kuliah

Biaya studi pada Universitas Oxford berbeda tergantung program studi yang diambil dan juga tergantung dari mana anda berasal serta tergantung juga college dan hall dari Universitas Oxford yang dipilih. Mahasiswa yang berasal dari dalam negara Inggris dan juga dari negara Uni Eropa membayar lebih murah daripada mahasiswa internasional. Penduduk dari negara Indonesia termasuk ke dalam kategori mahasiswa internasional. Secara lebih jelas pembagiannya berdasarkan negara Inggris dan Uni Eropa, Kepulauan dan juga Internasional. Oleh karena itu, mahasiswa Indonesia diharuskan membayar lebih banyak. Mahasiswa dari Inggris dan Uni Eropa diharuskan membayar di kisaran £3.500 – £ 9.000 per tahun di tahun pertama dan di kisaran £6.000 – £9.000. Mahasiswa internasional diharuskan membayar dari £8.000 – £30.000.
Cara daftar dan Persyaratan

Informasi pendaftaran yang lengkap dari Universitas Oxford bisa didapatkan di pusat admisi universitas ini. Letak dari gedung ini terdapat pada 55 little Clarendon Street. Jam buka atau jam kerja dimulai pada pukul 9 pagi hingga 5 petang, sedangkan hari bukanya terdapat pada hari kerja, yaitu Senin sampai Jumat. Selain bisa datang langsung anda juga bisa menghubungi nomor kontak yang disediakan oleh Universitas Oxford untuk program graduate dan program undergraduate universitas ini. Perlu diketahui bahwa yang bisa diterima ke dalam Universitas Oxford merupakan seseorang dengan kemampuan akademik yang baik daripada keuangan yang baik. Oleh karena sifatnya yang mengutamakan latar belakang pendidikan yang baik, maka pelbagai beasiswa pun terdapat di dalam universitas ini untuk memudahkan pembiayaan keuangan terhadap kuliah yang sedang diambil.

Anda sebagai calon mahasiswa dapat mengikuti 5 cara untuk mendaftar yang disarankan oleh Universitas Oxford. Caranya yang pertama adalah dengan memastikan program studi apa yang ingin diambil, mengetahui persyaratannya dan juga college atau hall mana dari universitas ini yang menawarkan program yang ingin diambil. Jika sudah anda dapat submit aplikasi anda di www.ucas.com dari awal September sampai dengan 15 Oktober. Jika anda merupakan kandidat yang terpilih, maka akan diwawancara pada Desember. Pada pertengahan Januari tahun berikutnya anda akan diberitahu hasil tes interview dan juga membuat penawaran. Lalu pada Agustus tahun berikutnya anda diharuskan melengkapi kualifikasi yang diberikan dan juga mengetahui hasil dari penawaran yang anda buat. Jika anda lolos, maka pada Oktober tahun berikutnya anda sudah bisa memulai pendidikan yang anda mau. Jadi dapat disimpulkan bahwa untuk dapat menjadi bagian dari Oxford memakan waktu satu tahun. Jadi persiapkan diri anda semaksimal mungkin beserta persyaratan yang diharuskan.
Akomodasi

accomodation

Oxford menyediakan akomodasi bagi para mahasiswanya yang mana tidak diberikan secara gratis. Anda harus membayar sejumlah 53 poundsterling – 63 poundsterling per malam. Akomodasi yang disediakan berada pada St. Anthony College. Namun sangat disayangkan, kamar yang tersedia di dalamnya hanya berjumlah 91 ruangan. Jadi akan sangat sulit mendapatkannya. Anda tidak akan dilepas begitu saja, jika tidak mendapatkan pelayanan akomodasi dari Oxford. Ada beberapa pilihan tawaran untuk akomodasi yang tersedia untuk mahasiswa yang mana terdapat dalam list Asosiasi Hotel Oxford dan juga Guest House Oxford.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar